Universitas Bina Bangsa

TECHNOPRENEUR UNIVERSITY

KKM UNIBA di DESA KAMURANG KEC. CIKANDE

KKM UNIBA di DESA KAMURANG KEC. CIKANDE

Program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universita Bina bangsa Tahun 2021. Seluruh kegiatan KKM diselaraskan dengan program-program dan rencana strategis pembangunan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten/Kota. KKM Universitas Bina Bangsa tahun ini dilaksanakan di 18 Kecamatan yang tersebar di 71 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kab. Pandeglang dan Kab. Lebak Provinsi Banten. Kegiatan KKM ini berlangsung dari tanggal 14 Juli-29 Agustus

. KKM merupakan kegiatan lapangan dan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diharapkan mampu menganalisis permasalahan dan memfokuskan pada pendampingan dalam rangka mempersiapkan SDM unggul berbasis ekonomi kreatif dan bidang-bidang yang lain.

Salah satu daerah yang dijadikan tempat KKM tahun ini adalah Desa Kamurang Kec. Cikande Kab. Serang. Di desa ini ditempati oleh KKM Kelompok 50 yang berjumlah 19 (Sembilan belas) mahasiswa. Awal kegiatan KKM diawali kegiatan penerimaan mahasiswa KKM oleh pemerintah desa kamurang, kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 14 Juli 2021 jam 10.00 WIB bertempat di aula Kantor Desa Kamurang.

Baca Lainnya :

Acara ini dihadiri oleh Camat Cikande Mohammad Agus, S.Sos., M.Si, Kepala Desa Kamurang Mukemi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 50 Encep Saefullah, S.H., M.M., Adv dan Koordinator KKM Kecamatan Cikande Surachman, S.E., M.Ak.

Dalam sambutan penerimaannya, Camat Cikande mengucapkan terima kasih kepada Universitas Bina Bangsa yang telah mempercayakan Kec. Cikande menjadi salah satu tempat yg dipilih menjadi lokasi KKM tahun ini. Beliau berharap mahasiswa dibawah bimbingan DPL dapat bersinergi dengan masyarakat dan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Senada dengan Camat Cikande, Kepala Desa Kamurang Mukemi juga berterima kasih atas adanya mahasiswa KKM di desa-nya dan berharap mahasiswa dapat menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Kamurang.

Hal yang sama disampaikan juga oleh DPL Kelompok 50 Encep Saefullah, S.H., M.M., Adv, beliau menyampaikan bahwa KKM menekankan kepada daya usaha yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah dengan pendekatan institusional, profesional dan interdisipliner, melalui pendekatan ini, mahasiswa harus mampu menampilkan pembinaan edukatif dan humanistik, integralistik serta relevan dan koheren dengan program pembangunan secara berkelanjutan, Menurut beliau, penting diingat, bahwa KKM adalah ajang mengedukasi masyarakat. Artinya, melalui pengabdian kepada masyarakat dalam wadah KKM, kalangan akademisi dalam hal ini mahasiswa berperan sebagai agen perubahan untuk mendidik masyarakat agar memiliki kesadaran melalui keterlibatan aktif dalam pembangunan. Selain itu saat pandemi Covid-19 ini mahasiswa harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam mematuhi protokol Kesehatan (5 M) dan memberikan edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan bagi masyarakat.