Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Pendahuluan

Pengabdian Kepada Masyarakat adalah pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan imtaq yang dilakukan oleh dosen/mahasiswa secara terlembaga melalui metodologi ilmiah langsung kepada masyarakat (di luar kampus yang tidak terjangkau oleh pendidikan formal) sebagai tanggung jawab STIE BINA BANGSAdalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat sehingga dapat mempercepat tercapainya tujuan pembangunan nasional, serta meningkatkan pelaksanaan visi dan misi STIE BINA BANGSA.

Pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan imtaq oleh STIE BINA BANGSA sebagai lembaga ilmiah, harus senantiasa dilandasi niat dan motivasi yang murni untuk mengabdi melalui metodologi ilmiah, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya.

Arti pengamalan secara langsung adalah menyampaikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk diterapkan, dan/atau didemonstrasikan langsung kepada masyarakat luar kampus agar masyarakat dapat menerapkannya di dalam melaksanakan dan memecahkan masalah-masalah pembangunan.

Pengabdian kepada Masyarakat harus dilakukan secara terlembaga mengandung arti bahwa secara resmi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tenaga pengajar/mahasiswa atas nama STIE BINA BANGSA.

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat berdasarkan sifat tujuan :

a) Mempercepat proses peningkatan sumber daya manusia ke arah terciptanya manusia sesuai dengan tuntutan dinamika pembangunan.

b) Mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat dinamis yang siap menempuh perubahan-perubahan menuju perbaikan dan kemajuan yang sesuai dengan nilai sosial yang berlaku.

c) Mempercepat upaya pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan perkembangan dalam proses modernisasi.

d) Memperoleh umpan balik dan masukan lain bagi perguruan tinggi yang dapat berguna untuk meningkatkan relevansi pendidikan dan penelitian yang dilakukan dengan kebutuhan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

Kelompok sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kelompok, organisasi pemerintah, swasta, komunitas internal (khusus untuk pengembangan budaya kewirausahaan) ataupun eksternal kampus STIE BINA BANGSA, dan masyarakat secara keseluruhan.

Masyarakat yang menjadi sasaran khalayak tersebut adalah masyarakat yang memerlukan bantuan dan petunjuk, untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap pembangunan. Sasaran utama adalah mereka yang memiliki kedudukan strategis dalam lapisan masyarakat formal maupun informal, pemuda maupun remaja, yang mampu melipatgandakan dan menyebarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada anggota masyarakat lainnya.

Pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan menggunakan prinsip-prinsip:

a) Bersifat mendidik, dengan berpedoman pada pengertian konsep pendidikan seumur hidup (life long education) melalui pendidikan formal maupun non formal yang banyak macam ragamnya.

b) Bersifat kemanusiaan, melalui pemberian bantuan pelayanan, dan pendidikan kepada masyarakat yang memerlukan.

Arah dan Kebijakan

 1. Mewujudkan tujuan STIE BINA BANGSA khususnya.

2. Mencetak lulusan yang berjiwa pemimpin dengan peningkatan empati dan peduli pada peroblematika masyarakat

3. Pembangunan melalui prinsip pemberdayaan

4. Menjalankan prinsip :

           a. Win-win solution

           b. Co-creation

           c. Co-funding

           d. Sustanable

           e. Research based : kerjasama/networking, promosi yang elegan, riset yang applicable

5. Menanamkan lulusan yang mempunyai nilai-nilai kepribadian (a. Keuletan, etos kerja dan bertanggung jawab; b. Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan)

Kualifikasi dan Keahlian

Pelaksanaan kegiatan LPPM mulai bulan september 2011 sampai dengan bulan Agustus 2012. Terdapat beberapa kegiatan, yaitu :

  1. Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat
  2. Peningkatan publikasi ilmiah melalui program insentif
  3. Pembinaan dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian
  4. Kerjasama dengan pihak eksternal, dan
  5. Kegiatan-kegiatan pusat kajian.

Tujuan rangkaian kegiatan ini adalah sebagai upaya mewujudkan peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa STIE BINA BANGSA.

Upaya tersebut mengacu pada 9 butir yang tercantum pada Renstra STIE BINA BANGSA tahun 2007, yaitu terselenggaranya pelatihan dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM), meningkatnya reward dan insentif bidang penelitian dan PKM, meningkatnya jumlah penelitian dan PKM, meningkatnya kerjasama penelitian dan PKM, meningkatnya hasil penelitian yang dimuat di jurnal terakreditasi dalam dan luar negeri, terselenggaranya penerbitan jurnal dan buku teks di masing-masing prodi, meningkatnya bidang unggulan, meningkatnya penelitian bersama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, serta meningkatnya kegiatan konsultatif bagi masyarakat.

Selain mengacu pada Renstra STIE BINA BANGSA, LPPM pun berupaya memenuhi unsur-unsur penilaian prestasi yang diajukan oleh Dikti, yang meliputi :

  1. Publikasi Ilmiah,
  2. Buku,
  3. Laporan penelitian,
  4. Pertemuan ilmiah,
  5. Model pembelajaran,
  6. Paten, dan
  7. Teknologi tepat guna.

LPPM berupaya terus meningkatkan kinerja. Ini dibuktikan dengan peningkatan dalam hal publikasi ilmiah dan pertemuan ilmiah.

Publikasi Ilmiah

Program pemberian insentif bagi dosen penulis karya ilmiah telah ditambah jenisnya. Pada tahun lalu hanya sebatas insentif bagi buku, jurnal internasional dan nasional terakreditasi. Tahun 2011/2012, program pemberian insentif, selain tiga jenis insentif tahun lalu, ditambah dengan pemberian insentif untuk jurnal nasional tidak terakreditasi, prosiding nasional, dan prosiding internasional.

Pertemuan Ilmiah

Dalam hal pertemuan ilmiah, selain mengadakan pelatihan, program baru yang dilakukan adalah dengan mengadakan Seminar Nasional (SnaPP 2011) dan bimbingan teknik bagi beberapa anggota DPRD. Pada tahun lalu, pertemuan ilmiah hanya sebaas diseminasi hasil penelitian/PKM serta pelatihan dan workshop.

Fasilitas dan SDM

Tahun 2014 LPPM STIE BINA BANGSA berencana membuka kawasan “Technopark” yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk kegiatan antara lain :

   1. Pemberdayaan masyarakat

   2. Miniatur industri

   3. Inkubator bisnis

   4. Kuliah Kerja Nyata

   5. Kegiatan outbond

   6. Pesantren berbasis kewirausahaan

   7. Budidaya tanaman obat / herbal

Sumber daya manusia yang terlibat aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sebanyak lebih kurang 450 dosen dari berbagai disiplin ilmu dan tingkat pendidikan.

Penyelengaraan Kerjasama

LPPM STIE BINA BANGSA Menjalin kerjasama dalam negeri dengan berbagai pihak, diantaranya :

1. Sesama perguruan tinggi dan pelaku bisnis dalam bentuk konsorsium

2. Pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis

3. Pemerintah desa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

4. Lembaga pemerintah dalam kegiatan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi

5. UKM dalam pembuatan rancangan teknologi tepat guna.

Pengalaman dan Kontribusi

LPPM mengadakan beberapa program pembinaan pada dosen, mahasiswa, dan karyawan STIE BINA BANGSA guna meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendukung peningkatan kapasitas kinerja karyawan pada unit pendukung. Program yang diadakan bagi karyawan ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja fungsi/unit kerja yang ada di lingkungan STIE BINA BANGSA. Pembinaan ini terfokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas kerja dalam beberapa unsur, yaitu (rincian kegiatan terlampir):

  1. Publikasi ilmiah, program yang diselenggarakan bagi dosen berupa pelatihan penulisan jurnal terakreditasi nasional serta berskala internasional, dan program insentif buku dan jurnal.
  2. Menyelenggarakan pelatihan pengelolaan jurnal online, dalam upaya untuk mendukung publikasi jurnal ilmiah.
  3. Pelatihan penulisan karya tulis ilmiahbagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan keterlibatan mahasiswa di kegiatan hibah kompetisi yang diselenggarakan oleh LPPM maupun Dikti.
  4. Menyelenggarakan pelatihan penyusunan buku ajar bagi dosen.
  5. Melakukan pelatihan penulisan proposal Penelitian dan PKM bagi dosen.
  6. Program Kuliah Kerja Nyata bagi mahasiswa STIE BINA BANGSA, Serang 2014.

Hibah kreativitas fungsi unit bagi karyawan tetap STIE BINA BANGSA. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya LPPM untuk berperan serta dalam memfasilitasi ide yang dimiliki oleh karyawan untuk memajukan unit kerjanya.