Selamat Datang di website resmi ALUMNI Universitas Bina Bangsa

 

 

PENGEMBANGAN ALUMNI

Untuk kemajuan Universitas Bina Bangsa (UNIBA), dalam perspektif Ikatan Keluarga Alumni (IKA), maka perlu dikembangkan hal-hal sebagai berikut:

ORGANISASI

  1. Melanjutkan konsolidasi.
  2. Mendirikan Pengurus-pengurus Daerah dan memacu pendirian Pengurus Cabang-cabang IKA di seluruh wilayah
  3. Meningkatkan dan memantapkan manfaat kehadiran IKA bagi para alumni, masyarakat, dan pemerintahan di tingkat pusat maupun di berbagai cabang di seluruh Indonesia.

KEANGGOTAAN

  1. Meningkatkan kebersamaan.
  2. Bersama-sama dengan mendata dan menerbitkan kartu anggota IKA.
  3. Bekerjasama dengan lembaga dan perusahaan dalam informasi pekerjaan.
  4. Membina dan meningkatkan kualitas profesional para anggota secara bersama dan terencana serta berkesinambungan yang sedapat mungkin dilembagakan.

 BIDANG USAHA DAN KEUANGAN

  1. Mendorong dan memfasilitasi kegiatan di tingkat Daerah dan Cabang dalam menggali sumber dana sesuai dengan ketentuan dan kebijakan organisasi maupun yang ditetapkan oleh Pengurus Pusat.
  2. Mendorong tumbuhnya Tehnoprener di kalangan alumni dan keluarganya.
  3. Melakukan berbagai upaya penggalangan dana dari anggota dalam rangka membuka kesempatan usaha dan atau pengembangan usaha.

 KESEKRETARIATAN DAN PUBLIKASI

  1. Meningkatkan komunikasi organisasi dan anggota IKA dengan memanfaatkan dan menyediakan sarana-prasarana teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mendorong terbitnya Direktori Alumni yang dimulai per Fakultas. (Planing)
  3. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai mass media. (Planing)
  4. Menyelenggarakan secara reguler kegiatan yang publikatif. (Planing)

Dengan demikian, diharapkan peranan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) Universitas Bina Bangsa sebagai organisasi alumni dapat menjadi pendorong bagi peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Bina Bangsa Banten.

 

TRACER STUDY

Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk menyempurnakan dan penjaminan kualitas lembaga Pendidikan Tinggi.

Universitas Bina Bangsa melaksanakan tracer study secara relevan berdasarkan kebutuhan lembaga yang ada. Kegiatan tracer study yang dilaksanakan oleh Pengelolaan Alumi memberikan manfaat secara langsung bagi Universitas Bina Bangsa. Hasil studi yang dilakukan setiap tahun akan dilaporkan untuk kemudian dilakukan pembahasan dan evaluasi bagi perkembangan dan perbaikan kurikulum. Selain itu, hasil studi yang dilakukan juga sangat bermanfaat bagi akreditasi yang akan mendukung masing – masing Program Studi yang ada di Universitas Bina Bangsa.

TUJUAN TRACER STUDY

  1. Mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja.
  2. Mengetahui keluaran pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan kompetensi.
  3. Mengetahui proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi lulusan. 

MANFAAT TRACER STUDY

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan / match kerja baik horizontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertical (antar berbagai level/strata pendidikan).

Dengan demikian, tracer study dapat membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi Universitas Bina Bangsa, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu dalam perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat melihat kedalam institusi pendidikan tinggi melalui Tracer Study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan – pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Bagi Universitas Bina Bangsa, tracer study dilakukan untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut :

  1. Sebagai data base alumni yang terdata berdasarkan Program Studi dan tahun lulusan.
  2. Sebagai masukan / informasi untuk pengembangan Institusi.
  3. Sebagai bahan evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja.
  4. Sebagai masukan bagi perbaikan kinerja dosen dan tenaga pendukung akademik.
  5. Sebagai masukan bagi perbaikan kurikulum.
  6. Sebagai bahan untuk membangun jaringan/network dengan alumni.

 Apabila terdapat hal-hal yang perlu dikonfirmasikan, silahkan hubungi:

  1. Janim, S. Pd - 085314080054 atau email : alumni@binabangsa.ac.id atau bisa langsung dilayanan facebook ini IkatanAlumni UNIBA
  2. Bapak Mohamad Husni, SE, M.Ak Selaku Ketua IKA (Ikatan Keluarga Alumni) Telp. 087878780238.

Atas perhatian, kerjasama serta masukan dari Bpk/Ibu/Sdr sekalian kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,  kami percaya  bahwa berkat  Bpk/Ibu/Sdr  sekalian  dapat  menjadi sumbangsih bagi kemajuan Universitas Bina Bangsa Banten.

 

 

 

 

  

Universitas Bina Bangsa

 

 


 

Contact Center

    Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi :

  • Universitas Bina BangsaJalan Raya Serang - Jakarta, KM, 03 NO 1 B (Pakupatan) Serang-Banten, Indonesia

  • No Telpon/HP : 0254-220158

  • Email :universitas@binabangsa.ac.id